Wanginya, NYAMUK Tak Suka

Sebagian nyamuk memang jadi biang penyakit. Ada demam berdarah, malaria atau kaki gajah. Biar gak terserang sakit itu, nyamuk kudu disingkirkan. Tapi gimana cara menyingkirkan nyamuk?


Tentu saja banyak caranya. Salah satu cara yang sehat dan alami adalah dengan memelihara atau menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk. Tanaman ini sebagiannya digunakan untuk bahan-bahan pembuatan obat anti nyamuk yang sekarang banyak dijual bebas di pasaran. Bagian yang digunakan bermacam-macam, bisa daun, akar, batang biji atau bunganya. Beberapa jenis tanaman bisa digunakan secara langsung, caranya dengan meremas-remas daun atau bunganya kemudian digosokkan ke kulit agar terhindar dari gigitan nyamuk atau serangga lainnya. Namun, ada juga jenis tanaman yang harus melalui proses penyulingan terlebih dahulu alias didestilasi agar dapat menghasilkan minyak atsiri. Lalu, tanaman apa saja yang bisa digunakan?

LAVENDER


Nama ilmiah tanaman ini adalah Lavandula latifolia, masuk dalam keluarga lamiaceae. Ciri yang mencolok ia punya bunga-bunga kecil berwarna ungu kebiruan yang tumbuh di ujung cabang. Aromanya sangat harum. Nah,  tanaman lavender terbukti ampuh mengusir nyamuk dari rumah kita. Makanya, pas bila tanaman ini dijadikan salah satu penghias rumah kita. Apalagi, kini lavender banyak dijual oleh pedagang tanaman hias di negeri kita. Di samping tanamannya, kita juga bisa memanfaatkan minyak lavender sebagai pengusir nyamuk. Komposisi utama minyak lavender adalah linalool dan linaool asetat sebanyak 30-60 persen dengan kandungan yang bervariasi tergantung jenis laven-dernya. Ingat, selain dikenal sebagai pewangi, minyak lavender juga banyak digunakan sebagai bahan penolak serangga (repellent dan antifeedant) bahkan termasuk bahanyang sering digunakan sebagai lotion antinyamuk. Diduga kandungan linalool inilah yang menyebabkan minyak lavender berfungsi sebagai pengusir nyamuk karena komponen ini sudah dikenal sebagai antiserangga.

KAYU PUTIH


Nama ilmiah tanaman ini adalah Melalucea leucadendron, Linn, berasal dari keluarga Myrtaceae. Insyaallah, semua orang telah mengenal kayu putih ini, minimal minyaknya, ya kan? Kandungan bahan aktif utama minyak putih adalah sineol. Sedangkan bahan yang lain adalah terpineol, pinenee, dan limonene. Semua bahan inilah yang menyebabkan kayu putih terasa hangat dan wangi. Kita senang dengan bau minyak kayu putih, tapi nyamuk tidak suka. Aroma wangi minyak katu putih bahkan tidak disukai oleh bermacam serangga, nyamuk salah satunya. Manfaat minyak kayu putih sudah diketahui masyarakat secara luas. Selain sebagai obat gosok anti masuk angin, minyak ini ternyata juga berperan sebagai penolak nyamuk. Sebagai pengusir nyamuk, minyak kayu putih biasanya digunakan dengan cara dioleskan di kulit. Thayyib, selamat mencoba!

Sumber:
Majalah ElFata edisi 12 volume 07 tahun 2007

Perihal Goegoem
the identification unknown........ identitas tidak diketahui.........

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: