Kacang Panjang Khasiatnya Panjang

Mau buat urapan atau lalapan? Jangan lupa lho tanaman yang satu ini. Kacang panjang ternyata bisa mencegah dan mengobati beragam penyakit, lho!

Tumbuhan kacang panjang sudah dikenal luas oleh masyarakat kita. Bahkan sehari-hari kita sering menjadikannya santapan baik untuk sayuran dan lalapan. Mungkin sebagian besar di antara kita telah mengetahui, pernah melihat sayurab kacang panjang. Tapi tanamannya, mungkin belum semuanya mengenalnya. Tumbuhan ini merambat dan dapat tumbuh di mana saja mulai tegalan, sawah, pematang dan pekarangan rumah. Dia dapat menahan air dan PH-nya 5,5-6,5. Tanaman asal afrika ini dapat tumbuh pada ketinggian 1-1000 m diatas permukaan laut. Bunga tumbuhan ini terdapat pada ujung tangkai yang panjang, berwarna putih, kuning atau biru dan mekar di pagi hari. Buah berbentuk polong dan panjang dapat mencapai 75 cm. Bijinya bulat panjang dengan lekukan di tengah, berbentuk seperti ginjal, berwarna merah tua, putih, hitam serta belang-belang. Perbanyakkan tumbuhan ini adalah dengan biji yang disebar dan hasilnya dapat dipanen setelah berumur 10-16 minggu.

Panjang khasiatnya

Selain mudah didapat dan mudah dimasak, kacang panjang juga mempunyai berbagai manfaat. Kacang panjang kaya akan asam folat yang berguna untuk pertumbuhan dan pembagian sel-sek tubuh. Selain itu, kacang panjang juga mengandung vitamin dan mineral untuk membantu perkembangan otak balita. Itu baru sedikit di antara khasiatnya. Khasiat yang lain masih sangat banyak antara lain, sebagai antikanker, membantu mengobati kanker payudara, bahkan leukimia. Cara menggunakan kacang panjang sebagai obat anti-kanker, adalah gunakan kacang panjang, buncis, brokoli, wortel masing-masing secukupnya dimasak menjadi tumisan dengan ditambah bumbu-bumbu hingga matang, dimakan secara teratur. Khasiat kacang panjang yang lain adalah sebagai antibakteri, antivirus, dan antioksidan. Begitu pula kacang panjang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit penyakit yang terkait dengan saluran kemih. misalnya ia bisa digunakan untuk mengobati gangguan saluran kencing, peluruh kencing, dan batu ginjal. Sudah habis khasiat kacang panjang, ya? Eh belum, masih ada lagi khasiat-khasiat yang lain. Kacang panjang pun berfungsi mencegah kelainan antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, deman berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan sukar buang air besar. Nah, panjang sekali bukan khasiat kacang panjang? Tunggu apa lagi, jangan lupakan kacang panjang di menu harianmu. (Majalah Elfata Edisi 04 Volume 08 2008)

Perihal Goegoem
the identification unknown........ identitas tidak diketahui.........

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: