ZAM-ZAM, SANG SPEKTAKULER

Air apa yang paling dicari di muka bumi? Yup, betul. Air zam-zam namanya. Kalo air yang susunan molekulnya paling cantik? Yup, betul air zam-zam namanya. Lalu, air apa yang paling diberkati? Yup betul, air zam-zam namanya. Terakhir, air apa yang nggak pernah habis? Yup betul, air zam-zam namanya. Lho kok air zam-zam terus sich?

AIR ZAM-ZAM MEMANG SPEKTAKULER. Ia adalah air yang memiliki kandungan mineral kalsium, magnesium dan fluorida yang cukup tinggi dibandingkan air pada umunya. Di dalamnya terdapat obat penawar bagi segala penyakit dan sumber kesegaran bagi tubuh yang dahaga. Ini disampaikan langsung empat belas abad lalu oleh Rasulullah SAW lho. “Sebaik-baiknya air di muka bumi ialah air zam-zam. Padanya ada makanan yang menyegarkan dan penawar bagi segala penyakit.”Spektakular bukan?

ASAL MUASAL AIR ZAM-ZAM

Air zam-zam adalah anugerah Allah SWT. yang tidak ternilai harganya. Ia hadir dalam rangkaian kisah menakjubkan manusia-manusia salih bernama Ibrahim, Ismail, dan Hajr. Kisahnya dimulai saat Ibrahim harus meninggalkan istrinya, Hajr, dan putra tercintanya, Ismail, di padang yang gersang tanpa persedian bekal yang cukup. Hanya keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. yang menjadi bekal Utama saat itu.
Saat bekal air habis, si mungil Ismail mulai merasakan dahaga. Sang ibu yang penuh kasih kemudian berusaha kesana-sini untuk mendapatkan air. Ia berlari-lari antara bukit Shafa dan Marwah untuk mencari bantuan. Awalnya usaha itu tak membuahkan hasil. Tapi setelah sang ibu bolak-balik ke bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali Allah SWT, menurunkan pertolongan-Nya. Tiba-tiba saja ada malaikat yang berada di samping Ismail lalu berkata “zam…zam…zam” (yang artinya berkumpullah…berkumpullah…berkumpullah). Beberapa saat kemudian memancarlah air itu penuh berkah dengan derasnya.
Pada perjalananya, sumur zam-zam sempat dikabarkan hilang. Alhamdulillah, pada periode Abdul Muthalib-kakek Nabi Muhammad SAW, sumur zam-zam kembali digali. Penggalian itu dilakukan setelah Abdul Mutholib bermimpi. Dalam mimpinya dikatakan, “Galilah zam-zam! Itu adalah warisan dari ayahmu yang mulia.”

AIR ZAM-ZAM PENUH KEAJAIBAN

Selain segi historis yang mengagumkan, air zam-zam mengandung sisi ilmiah yang luar biasa. Pertama, dari sisi tempat keluar air zam-zam atau sumur zam-zam. Perlu kamu ketahui kalo sumur zam-zam itu tidak aada lumutnya dan bebeas dari kontaminasi kuman. Ini tentu beda dengan sumur pada umumnya. Nggak percaya, coba dech kamu cek di sumur milikmu or milik tetanggamu. Ada nggak lumut dan kumannya? Kedua, menurut penelitian nich, air yang keluar dari sumur zam-zam itu diperkirakan nggak bakal habis. Pembuktian akan hal ini pernah dilakukan melalui sebuah eksperiman eksploitasi masal air zam-zam. Pada eksperimen itu, air zam-zam disedot 8000 liter/detik selama kurang lebih 24 jam. Hasilnya, tinggi air menurun dari 3.23 m di bawah tanah menjadi 13.39 m di bawah tanah. Hebatnya, setelah 11 menit penyedotan dihentikan, air zam-zam kembali naik pada 3.9 meter di bawah tanah.
Keajaiban air zam-zam yang Ketiga terletak pada kegunaanya sebagai obat penawar berbagai penyakit. Bukti ilmiahnya pernah dikemukakan oleh seorang doktor di Universitas Yokohama bernama Masaru Emoto. Menurutnya, air zam-zam memiliki daya penyembuhan yang luar biasa karena kandungan-kandungan di dalamnya begitu luar biasa. Keempat, air zam-zam adalah air yang mendapatkan perlakuan khusus. Ia adalah satu-satunya jenis air di dunia ini yang dikelolah secara ilmiah dan saintifik, tepatnya oleh Bada Riset sumur zam-zam yang berada di bawah SGS (Saudi Geological Survey). Melalui badan riset itu, air zam-zam bisa dimonitor dan dipelihara kelestariaanya.

AIR ZAM-ZAM DARI TIMBA HINGGA POMPA

Seiring perkembangan waktu, air zam-zam lebih mudah untuk diperoleh. Jika dahulu orang harus menggunakan timba atau gayung untuk mendapatkan air zam-zam makan pada 1373 H/1953 orang bisa lebih mudah mendapatkan air zam-zam dengan media pompa air. Pompa itu menyalurkan air zam-zam ke bak-bak penampungan air dan kran-kran di sekitar sumr zam-zam.
Untuk semakin memaksimalkan manfaat air zam-zam, kemudian dibangun tangki penampungan berkapasitas 15.000 meter kubik. Tangki penampungan itu bersambung dengan tangki lain di bagian atas Masjidil Haram sehingga para peziarah bisa menikmati air zam-zam dengan puas. Orang diluar Makkah pun bisa menikmati air zam-zam melalui truk-truk tangki yang membawa air zam-zam ke luar kota Mekah. Dan yang paling utama, air zam-zam kini bisa dinikmati di Nusantara setelah ada kerjasama eksport-impor antar pemerintahan Indonesia dan Saudi Arabia.
Nah, sekarang jelas kan kalo air zam-zam memang spektakuler, Dari sisi syar’i dan ilmiah, air zam-zam sudah direkomendasikan sebagai air kaya manfaat. So, jika ada kesempatan untuk menggunakan air zam-zam, gunakanlah air itu semaksimal mungkin, Oke guys?! (Majalah Elfata edisi 08 Vol. 09 2008)

Perihal Goegoem
the identification unknown........ identitas tidak diketahui.........

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: