Sunah – sunah Berwudhu agar Anda Dicintai Nabi SAW (2)

2. Menghirup Air ke Hidung Secara Mendalam saat Wudhu
   

      Laqith bin Shabrah R.A menuturkan, Rasululloh SAW bersabda:
      “Sempurnakanlah wudhu, sela – sela jari-jemari, dan hirup lah air ke dalam hidung dengan kuat, kecuali bila kau sedang berpuasa.”
      Hadits ini diriwayatkan oleh para imam dalam kitab – kitab karangan mereka. Ibnu al-Mulaqqin megomentari hadits ini dengan mengatakan,  “Para imam, seperti at-Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, al-Hakim, dan al-Baghawi telah menshahikannya.” (Khulashah al-Badr al-Munir, I/33)

     Al-Imam ash-Shan’ani R. berkata dalam Subulus Salam, “Hadits ini adalah dalil disyariatkan menghirup air ke dalam hidung denga sangat bagi orang yang sedang tidak berpuasa. Orang yang sedang berpuasa tidak diperkenankan menghirupnya dalam-dalam agar air tidak masuk dalam kerongkongannya sehingga dapat membatalkan puasanya. Hadits ini juga menunjukkan bahwa menghitupnya dalam-dalam tidak wajib. Sebab, jika wajib, maka wajiblah baginya senantiasa melakukannya dan tidak boleh meninggalkannya.”

      Saudara – saudara sekalian, Meskipun ini adalah sunah, kita harus bisa mengamalkannya. kita tidak akan kehilangan waktu untuk melakukannya. Ikutilah as-Sunah, sesungguhnya kalian akan mendapat pahala kebaikan dan Dicintai Nabi SAW, Insya Allah. Nantikan Season selanjutnya dari saya. May be useful……

Perihal Goegoem
the identification unknown........ identitas tidak diketahui.........

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: