Sunah – sunah Nabi SAW dalam BERWUDHU

1. Berkumur – kumur dan Menghirup Air ke dalam Hidung tiga kali dengan Satu Telapak Tangan

       Assalamualaikum Wr. Wb. Al-Allamah Ibnu Al-Qayyim R.A dalam Zaad al-Ma’ad (I/192) berkata, “Beliau (Rasululloh) mengabungkan antara berkumur-kumur dan menghirup air ke dalam hidung. beliau mengambil setengah cedok tangan untuk mulutnya, dan setengahnya lagi untuk hidungnya. Ini tidak mungkin dilakukan dalam satu cedok tangan, mungkin saja dipisahkan atau digabungkan. Hanya saja, petunjuk beliau adalah menggabungkan keduannya.”

      Beberapa hadits yang menunjukan hal itu, salah satunya adalah:
Abdullah bin Zaid R.A menggambarkan sifat wudhu Nabi SAW:
“Bahwa beliau menuangkan (air) dari bejana ke atas kedua telapak tangannya lalu mebasuh keduanya. 

Kemudian membasuh, atau berkumur – kumur dan menghirup air ke dalam hidung dengan satu telapak tangan. Beliau melakukannya tiga kali.” Lalu ia berujar, ‘Begitulah wudhu Rasullulah SAW” (HR. Al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi)

     Ibnu Hajar R.A dalam Fath al-Bari (I/349) mengatakan, “Hadits itu dengan jelas menunjukan (disayriatkan) menggabungkan (perbuatan di atas) setiap kali (melakukannya).” Selanjutnya, “Hadits itu dijadikan sebagai dalil dianjurkannya menggabungkan berkumur – kumur dan menghirup air ke dalam hidung pada masing – masing cidukan tangan.”

     An-Nawawi R.A berkata, “Dalam hadits ini terdapat dalil yang jelasa bagi madzhab yang paling benar dan terpilih, sunnah dalamberkumur – kumur dan menghirup air ke dalam hidung adalah dengan tiga kali cidukan tangan. Pada setiap cidukan (digunakan untuk) berkumur – kumur dan menghirup air ke dalam hidung.”

     Masih ada lagi beberapa hadits yang menerangkan tentang tema di atas, karena keterbatasan waktu, saya hanya menulis satu saja. Ingat, sesungguhnya sunnah Nabi dapat menghindarkan dari hal yang mungkar dan sesat. cukup sekian dari saya, nantikan lanjutan episode sunnah – sunnah Nabi selanjutnya. Nantikan hanya di “Blog Mr. Goegoem.” Wassalamualaikum Wr. Wb. (mohon commentnya yah!)

Perihal Goegoem
the identification unknown........ identitas tidak diketahui.........

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: